Apakah Ikan Mas Koki Juga Butuh Tidur? Kapan dan Bagaimana Caranya? 🤔

Percobaan ini dibuat lantaran rasa penasaran admin yang setiap hari selalu melihat tingkah laku dari ikan hias Mas Koki. Kebetulan aquarium ikan mas koki sendiri admin taruh di kamar tidur sehingga setiap pola tingkah lakunya kelihatan. Nah admin cup penasaran sebenarnya, apakah ikan juga butuh tidur seperti manusia? Secara ikan juga makhluk hidup. Butuh makan, minum pastinya. Selain itu juga butuh istirahat. Masalahnya ikan tidak punya kelopak mata, lantas bagaimana cara ikan tidur? Simak penjelasan lengkapnya berikut!

Apakah Ikan Mas Koki Juga Butuh Tidur Kapan dan Bagaimana Caranya
Apakah Ikan Mas Koki Juga Butuh Tidur Kapan dan Bagaimana Caranya

Setidaknya sudah 7 bulan lebih saat artikel ini dibuat, admin sudah memelihara ikan hias jenis Mas Koki. Selama itu pula admin Iwak Buncit sudah melalui berbagai macam hal, mulai ikan mas koki yang suka sakit, mati tiba-tiba hingga pada hari ini ikan mas koki admin pada sehat semua. Dari sekian banyak peristiwa serta pengalaman yang sudah dilalui memelihara ikan mas koki. Ada satu hal yang menggelitik rasa penasaran admin yaitu apakah ikan juga butuh tidur seperti manusia? Secara ikan hias seperti ikan mas koki contohnya adalah salah satu dari makhluk hidup juga yang pastinya membutuhkan makan, minum, buang kotoran, berkembang biak serta istirahat.

Lazimnya kalau manusia kan istirahatnya itu dengan cara tidur, dimana manusia akan memejamkan matanya, dibarengi juga dengan menutupnya kedua kelopak mata. Namun bagaimana dengan ikan? Secara ikan tidak memiliki kelopak mata seperti manusia. Apakah ikan juga tidur, bagaimana cara ikan tidur dan kapan waktu ikan tidur?

Secara tidak sengaja salah satu ikan mas koki admin yaitu Jenis Ranchu Tiger memiliki kebiasaan dimana kita masuk pukul 20.00 WIB malam, si Ranchu Tiger jumbo akan bersembunyi di pojokan atas aquarium. tepatnya pada sudut aquarium yang tidak terlalu kena cahaya lampu HPL. Kebiasaan itu terus terjadi selama memelihara ikan Ranchu Tiger ini. Selain itu ketika dalam kondisi aquarium gelap alias lampu Aquarium admin padamkan pada malam hari. Banyak dari ikan mas koki yang berhenti bergerak, lebih tepatnya banyak yang berdiam diri di dasar aquarium. Bahkan ada ikan koki jenis Demekin slayer yang biasanya lincah, ini justru berdiam tenang pada dasar aquarium. Kalau dilihat-lihat seperti sedang tidur.

Jadi selama lampu mati pada malam hari tersebut, hampir semua ikan mas koki admin pada banyak yang diam di dasar aquarium. Hal ini justru tidak terlihat ketika siang hari dimana lampu aquarium juga admin matikan. Ikan tetap bergerak lincah. Jadi kebiasaan ini lebih dikarenakan kondisi waktu. Dimana ketika siang ikan bergerak lincah, namun ketika malam tiba ikan diam.

Hal ini bisa kamu simak secara jelas pada video berikut:


Kesimpulan yang admin dapatkan jika ikan pada kasus ini ikan mas koki juga butuh istirahat, sama seperti kita manusia. Oleh karena itu ada baiknya kamu matikan lampu pada aquarium ketika ingin tidur supaya ikan bisa beristirahat maksimal. Terlebih ikan tidak memiliki kelopak mata seperti manusia yang semua cahaya bisa masuk dan mengenai mata ikan. Buat kamu yang punya pandangan lain bisa tulis di kolom komentar. Percobaan ini murni berdasarkan pengalaman admin sendiri selama memelihara ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Apakah Ikan Mas Koki Juga Butuh Tidur? Kapan dan Bagaimana Caranya? 🤔