HERAN: Kenapa Air Di Aquarium Ikan Hias Bisa Berkurang Sendiri Ya? 🤔

Ada yang pernah mengalami dimana tinggi air atau volume air pada Aquarium berkurang? Padahal setelah di cek secara seksama, tidak ada tanda-tanda kebocoran pada Aquarium, baik pada bagian sambungan maupun sisi-sisinya. Namun kenapa tetap saja dalam kurun waktu beberapa hari air Aquarium berkurang sendiri? Temukan jawabannya pada artikel berikut!

HERAN Kenapa Air Di Aquarium Ikan Hias Bisa Berkurang Sendiri Ya
HERAN Kenapa Air Di Aquarium Ikan Hias Bisa Berkurang Sendiri Ya

Okey, hilangnya air secara tiba-tiba pada Aquarium yang ditandai dengan tinggi air berkurang adalah fenomena yang pastinya akan ditemui oleh pecinta ikan hias. Nah loch, kenapa dianggap sebagai suatu hal yang biasa? Itu karena memang seperti itulah adanya dan bukan kamu seorang saja yang mengalaminya. Admin juga sepeti itu, bahkan secara sengaja admin tandai sendiri tinggi air awal di Aquarium, kemudian admin lihat setelah beberapa hari dan memang airnya berkurang sendiri.

Hal ini bisa terjadi lantaran air dalam Aquarium mengalami proses yang dinamakan penguapan. Yak, jadi segala zat cair yang ada di muka bumi ini, jika terkena sinar matahari baik secara langsung maupun tidak langsung atau terpapar sumber panas buatan, akan mengalami proses penguapan. Nah tinggi seberapa kuat sinar panas yang dihasilkan dari sinar matahari tersebut. Apabila semakin sering atau intensitas panas tinggi, maka akan semakin cepat juga air Aquarium berkurang.

Ini terjadi sekali pada Aquarium admin yang memang diletakkan dekat jendela, dimana pada saat jam 2 siang, maka sinar matahari bisa masuk dan menyinari Aquarium secara langsung. Belum lagi suhu ruangan yang cukup tinggi dikarenakan kamar admin belum dipasangi plafon. Walhasil proses penguapan terjadi lebih cepat.

Selain faktor terkena sinar matahari dan suhu ruangan yang tinggi. Menyusutnya air Aquarium juga bisa diakibatkan Heater atau pemanas air yang bisanya digunakan pada Aquarium ikan hias dengan tujuan supaya suhu air stabil sehingga alga atau lumut tidak tumbuh. Nah Heater ini juga bisa membuat penguapan pada air di Aquarium.

Lampu LED bahkan Lampu jenis TL Neon juga bisa membuat air di Aquarium menguap. Yah jadi bukan karena satu faktor saja. Admin sendiri bisa 2 hari sekali menambah air di Aquarium secara berkala supaya ketinggian air tetap terjaga.


Nah sekarang kamu sudah tahu dan tidak perlu heran lagi kan kenapa air di Aquarium sering kali berkurang sendiri. Pastikan juga memang tidak ada kebocoran pada Aquarium tersebut. Kalau bocor mah itu sudah beda cerita. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan informasi terbaru seputar ikan hias. Salam admin Iwakbuncit.com

HERAN: Kenapa Air Di Aquarium Ikan Hias Bisa Berkurang Sendiri Ya? 🤔