Cara Mengganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Jarang Diketahui Banyak Pemula: 100% Tetap Jernih

Bagaimana sih cara mengganti air di Aquarium dengan benar? Apakah boleh mengganti air secara penuh 100% atau sebagian saja? Bukannya kalau cuma diganti sebagian saja justru mubazir karena bakal tercampur air kotor? Nah dari pada salah langkah, mendingan kamu ikuti Tips berikut ini tentang tata cara penggantian air Aquarium ikan hias yang baik, tepat dan benar. Biar air di Aquarium kamu makin jernih, bersih dan sehat!

Cara Mengganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Jarang Diketahui Banyak Pemula: 100% Tetap Jernih
Cara Mengganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Jarang Diketahui Banyak Pemula: 100% Tetap Jernih

Komponen utama yang perlu kamu perhatikan ketika memelihara ikan hias adalah air. Yah media yang satu ini adalah sumber kehidupan bagi ikan hias, salah satunya ikan mas koki seperti yang admin pelihara saat ini. Karena dengan air Aquarium yang bersih maka kesehatan dan pertumbuhan ikan akan semakin maksimal. Terlepas dari itu juga kita sebagai pemiliknya merasa senang dan sehat karena air Aquarium tampak jernih serta terbebas dari yang namanya bau amis.

Dalam dunia ikan hias sendiri, ada suatu keharusan untuk mengganti air Aquarium dalam jangka waktu tertentu. Yah, karena diyakini dengan mengganti air secara teratur maka potensi ikan hias yang terpendam bisa dimunculkan. Selain itu tidak lain tidak bukan karena menjaga kesehatan dan kebersihan. Bagi sebagian besar pemula di pemeliharaan ikan hias bakal menerapkan penggantian air 100% atau secara keseluruhan jika disuruh mengganti air Aquarium. Salahkah?

Tentu saja tidak, karena awal-awal admin memelihara ikan hias Mas Koki juga seperti itu kok. Hampir setiap 2 hari sekali ganti air 100%. Padahal tindakan seperti ini kurang baik dan bahkan justru membuat kesehatan ikan menurun hingga kematian. Karena bakteri baik yang fungsinya itu untuk mengurai amoniak dari kotoran ikan justru terbuang, sehingga ketika diganti dengan air baru, maka amoniak dari ikan akan menumpuk tanpa bisa terurai.

Nah buat kamu yang ingin mengganti air di Aquarium, berikut ini adalah tata caranya:
1. Pada saat penggantian air pertama kali, maka lakukan hanya maksimal 50% saja atau setengah dari total air Aquarium. Malah biasanya 30% hingga 40% saja
2. Penggantian air berikutnya cukup 10% hingga 20% saja.
3. Lakukan penggantian air pertama setelah 3 hingga 7 hari dari pertama kali mengisi air di tank Aquarium
4. Penggantian berikutnya cukup 1 minggu sekali saja atau jika dirasa air sudah mulai keruh atau berbau.

Cara di atas sudah admin coba sendiri pada 2 Aquarium yang admin miliki dan sejauh ini air dalam Aquarium menjadi jernih. Memang buat para pemula pasti rasanya aneh jika hanya mengganti air Aquarium sebagian saja. Secara kalau air kotor dicampur dengan air bersih, harusnya ikut kotor, keruh dan bau. Namun nyatanya justru penggantian air secara penuh alias 100% membuat air menjadi cepat keruh lagi, walhasil hampir setiap hari kamu bakal menghabiskan waktu untuk mengganti air saja.


Hal ini pernah admin alami langsung ketika baru pertama kali memelihara ikan hias mas koki. Mas Koki sedari dulu dikenal sebagai ikan penghasil amoniak tertinggi yang mengakibatkan air Aquarium menjadi cepat keruh dan kejadian lagi di salah satu pecinta ikan hias mas koki. Yah semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kamu sehingga bisa mendapatkan air Aquarium yang jernih, sehat dan bebas bau.

Nah itulah dia tata cara penggantian Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang baik, benar dan tepat sehingga air tetap jernih, bersih dan sehat. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit agar terus bisa mendapatkan informasi terbaru seputar dunia ikan hias. Salam admin Iwakbuncit.com

Cara Mengganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Jarang Diketahui Banyak Pemula: 100% Tetap Jernih