Sebenarnya Berapa Kali Sih Filter Fisik Aquarium Bisa Digunakan?

Sebenarnya filter fisik Aquarium seperti filter kapas, fiber dan sejenisnya bisa digunakan berapa kali sih? Apakah setiap kali kotor wajib langsung diganti dengan yang baru, atau sebenarnya bisa digunakan berulang kali? Kira-kira apa dampaknya jika tidak diganti dengan yang baru atau malah menggunakan yang lama? Semoga artikel kali ini bisa menjawab rasa penasaranmu!

Sebenarnya Berapa Kali Sih Filter Fisik Aquarium Bisa Digunakan
Sebenarnya Berapa Kali Sih Filter Fisik Aquarium Bisa Digunakan

Admin yakin sebagian besar dari pecinta ikan hias, khususnya pemula yang baru saja memelihara ikan hias semisal Mas Koki, Lohan, Guppy, Arwana, KOI dan lain sebagainya. Pernah bertanya-tanya apakah memang filter fisik atau filter kapas/fiber cuma bisa digunakan 1 kali saja? Terlebih jika filter kapas tersebut sudah nampak kotor kecokelatan.

Admin IwakBuncit.com juga seperti itu berpikirnya, dan bahkan terkadang mengganti filter yang sudah kotor tersebut dengan filter baru lagi. Namun ketika admin coba membeli filter yang baru. Pemilik toko ikan hias tersebut menyarankan untuk tidak sering-sering membeli filter baru. Nah loh, kok yang jual malah ga mau dagangannya laku? 🤔

Jadi menurut pemilik toko ikan hias tersebut, jika filter fisik seperti kapas, fiber dan semacamnya itu bisa digunakan lebih dari satu kali, bahkan hingga 4 kali pemakaian dan justru pemakaian filter secara berulang tersebutlah yang membuat serat pada filter tadi semakin rapat. Ujung-ujungnya filter akan sangat baik dalam menyaring kotoran yang ada di dalam air Aquarium.

Admin bukan orang yang mudah percaya sih, jadi admin harus buktikan sendiri perkataan pemilik toko ikan hias tadi dan benar saja, memang di awal-awal filter fisik tadi bekerja sebagaimana mestinya, namun setelah digunakan beberapa kali, air dalam Aquarium justru semakin jernih. Tidak ada lagi nampak kabut putih seperti asap yang biasanya ada di filter baru.

Proses pencucian filter fisik juga sangat mudah, tinggal kamu matikan dulu saja pompa filter, kemudian angkat filter fisik yang ingin dibersihkan. Gosok-gosok bagian permukaan filter kapas tadi menggunakan tangan lalu siram dengan air mengalir. Setelah filter dirasa bersih, silahkan kamu peras filter kapas tadi sekuat mungkin hingga tidak ada lagi air yang penjara di dalamnya. Kemudian bisa kamu langsung gunakan seperti sebelumnya.


Nah sekarang kamu sudah tahu kan, jika filter fisik Aquarium tersebut bisa digunakan berulang kali tanpa perlu setiap kali kotor langsung diganti. Kan sayang sekali jika baru sekali pakai sudah dibuang. belum lagi dengan limbahnya, bakal makin menumpuk saja. Okey, buat kamu yang punya pengalaman seperti ini, saran dan lain sebagainya terkait bahasan ini silahkan tuliskan di kolom komentar. Jangan lupa untuk Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin IwakBuncit.com

Sebenarnya Berapa Kali Sih Filter Fisik Aquarium Bisa Digunakan?