Cara Mengatasi Air Aquarium yang Nyetrum Akibat Kebocoran Listrik: Waspada Ikan Mas Koki Lover!

Tanpa disadari ternyata air Aquarium ikan hias kamu terkontaminasi listrik, walhasil setiap kali menyentuhkan ujung-ujung jari ke air Aquarium, rasanya perih seperti ditusuk jarum disayat silet tajam? Belum lagi ikan kesayangan jadi aktif bahkan ada yang lari kocar-kacir? Semoga pengalaman yang akan admin bagikan ini bisa bermanfaat buat kamu.

Cara Mengatasi Air Aquarium yang Nyetrum Akibat Kebocoran Listrik: Waspada Ikan Mas Koki Lover!
Cara Mengatasi Air Aquarium yang Nyetrum Akibat Kebocoran Listrik: Waspada Ikan Mas Koki Lover!

Melihat ikan peliharaan bergerak lincah, pastinya bakal disenangi oleh pemilik ikan tersebut. Secara kita sebagai penggemar ikan hias bakal merasa puas dan ikut tersemangatkan melihat ikan lincah berlari ke sana kemari. Rasanya puas sekali, rasanya apa yang sudah kita usahakan, kita lakukan demi merawat ikan hias tersebut terbayar penuh.

Contohnya admin IwakBuncit.com yang suka sekali melihat ikan hias mas koki aktif berlari ke sana-kemari di dalam Aquarium. Eittss.. tapi tunggu dulu! Benarkah ikan-ikan mas koki tadi lincah super aktif lantaran bahagia? Ternyata oh ternyata terjadi kebocoran listrik di air Aquarium tersebut! 😱

Yup, kamu sedang tidak salah dengar. Admin saja rasanya tidak percaya jika terdapat aliran listrik PLN yang bocor dan masuk ke air Aquarium. Admin tahu ini setelah secara tidak sengaja menyentuh air Aquarium. Awalnya admin cuma pingin memberikan pakan cacing darah ke ikan mas koki, namun karena ada cacing darah yang tersangkut di serokan ikan (dari jaring), akhirnya admin coba untuk melepaskan cacing tersebut menggunakan tangan.

Betapa terkejutnya admin ketika ujung-ujung jari rasanya perih sakit seperti tertusuk jarum dan tersayat silet setelah menyentuh permukaan air Aquarium. Bahkan setelah admin angkat pun, rasanya ujung-ujung jari ini masih saja perih namun tidak berdarah. Admin coba untuk berinisiatif menyentuh air yang ada di Box Filter. Hasilnya juga sama kesetrumnya.

Saking penasarannya, admin coba ambil obeng tespen yang biasanya digunakan untuk mengetahui apakah ada aliran listrik atau tidak. Kemudian admin coba celupkan ujung obeng tespen ke air Aquarium dan hasilnya sangat mencengangkan. Indikator lampu yang ada di obeng tespen tersebut menyala.

Wah..wah.. pantas saja jari admin tersetrum, ada aliran listrik yang bocor dan ini juga menjawab keheranan admin kenapa ikan hias mas koki jadi tiba-tiba aktif berlari ke sana-ke sini, terlebih setelah admin menyalakan lampu LED. Yup, ternyata setelah ditelusuri penyebab listrik bocor ke air Aquarium berasal dari lampu LED.

Nah buat kamu pecinta ikan hias, salah satunya ikan mas koki dan merasa heran tiba-tiba kenapa ikan hias tersebut jadi sangat aktif bahkan terkesan berlari pontang-panting tak keruan, coba dech untuk cek kelistrikan:
1. Tinggal kamu siapkan saja obeng tespen
2. Kemudian celupkan ke air Aquarium
3. Lalu perhatikan dengan seksama, apakah lampu indikator yang ada di obeng tespen tersebut menyala
4. Apabila terbukti menyala, maka segera untuk mencabut semua peralatan listrik yang terhubung ke Aquarium
5. Perisa satu persatu dengan cara menyalakan alat pendukung Aquarium tadi, semisal aerator, pompa filter ataupun lampu LED, sembari melakukan pengecekan pada air Aquarium menggunakan obeng tespen tadi
6. Misalkan sudah diketahui dari mana asal kebocoran listrik tersebut. Segera singkirkan



Apabila dibiarkan kebocoran listrik kelamaan, bisa saja ikan-ikan hias yang ada di Aquarium kamu tersebut akan lemas tersetrum. Lah kita yang manusia saja terasa perih, apalagi mereka yang memang hidup di air dan air tersebut malah terkontaminasi aliran listrik tegangan tinggi.

Sejauh ini ada 2 ikan yang admin lihat sudah nampak lemas dan yang lain memang sehat. Yah, semoga saja yang dua tadi ikut sehat juga. Nah semoga pengalaman admin ini bisa jadi pelajaran buat kamu untuk senantiasa memperhatikan kesehatan serta kondisi ikan hias beserta Aquarium. Kejadiannya memang di Aquarium Mas Koki, namun bisa saja di ikan hias jenis lain semisal Arwana, Lohan, Diskus, Guppy, komet dan lain sebagainya. Kalau itu terjadi, segera ambil tindakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk +1, like serta bagikan. Salam admin iwakbuncit.com

Cara Mengatasi Air Aquarium yang Nyetrum Akibat Kebocoran Listrik: Waspada Ikan Mas Koki Lover!