3 Akibat Inilah yang Terjadi Jika Kamu Lupa Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki: Mau?

Bakal apa yang terjadi ya jika kita lupa mengkarantina ikan hias semisal ikan mas koki? Apakah akan berakibat fatal atau sama sekali tidak ada dampaknya? 🤔 Yuk simak 3 Dampak fatal jika kamu lupa mengkarantina ikan hias berikut ini!

3 Akibat Inilah yang Terjadi Jika Kamu Lupa Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki Mau
3 Akibat Inilah yang Terjadi Jika Kamu Lupa Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki Mau

Di artikel sebelumnya admin sudah menjelaskan tata cara karantina untuk ikan hias mas koki beserta bagaimana caranya mengetahu kapan harus Ikan Mas Koki tersebut harus dikarantina. Nah di artikel kali ini admin akan lebih kepada bahasa, "Apa yang bakal terjadi jika ikan hias Mas Koki kamu terlambat dikarantina". Apa yang akan admin paparkan kali ini based on pengalaman sendiri. Buat kamu yang pernah punya pengalaman serupa atau informasi terkait bahasan ini bisa tuliskan di kolom komentar.

Okey, mengkarantina ikan hias mas koki adalah suatu kewajiban yang tidak boleh terlewatkan oleh kita sebagai pemiliknya sebagai pecinta ikan hias. Karena dengan mengkarantina ikan yang terindikasi sakit, maka kita sudah menyelamatkan ikan piaraan kita tersebut serta menjaga agar ikan lain yang satu Aquarium tidak ikut terjangkit pula. Akan tetapi mungkin dari kita ada yang terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga sering terabaikan dengan kesehatan mereka. Mau dijaga oleh orang lain pun pastinya tidak "Setangan" dengan kita. Walhasil yang jadi korbannya ujung-ujungnya ya tidak lain adalah ikan hias mas koki kita itu sendiri.

Berikut ini adalah 3 akibat yang bisa timbul jika kamu secara tidak sengaja melupakan atau tidak mengkarantina ikan hias yang sakit:

1. Ikan Akan Sakit dan Mati
Yang paling dasar adalah ikan hias Mas Koki kamu bakal sakit dan mati. Biasanya sih ikan mas koki akan menunjukkan gejala awal semisal murung, tidak banyak bergerak, dan juga kurang nafsu makan. Bahkan ada beberapa ikan yang ketika sakit tidak mau makan sama sekali, sekalipun butiran pelet tersebut sudah berada sangat dekat dengannya. Setelah itu ikan akan lemas karena kelaparan dan tinggal menunggu waktu saja, ikan akan miring sendiri badannya dan mati.

2. Dapat Menular
Ini nih yang admin takutkan selain point pertama tadi. Pastinya kamu tidak bakal sudi kan jika ikan hias mas koki yang sudah kamu rawat ikut-ikutan sakit gegara ada 1 ikan mas koki yang mati kemudian menularkan penyakitnya pada ikan lain? Hal ini mungkin saja bisa terjadi dan persentasenya sangat besar. Apalagi kalau penyakitnya itu diakibatkan oleh parasit semisal kutu. Jumlah kutu (semisal kutu jaru, kutu bulat) pada Aquarium agak sulit untuk diketahui dengan pasti. Jadi sangat besar kemungkinannya jika ada satu ikan mas koki yang sakit dapat menularkan ke mas koki yang lain.

3. Kerugian
So pasti, apalagi jika harga Ikan Mas Koki yang kamu beli tersebut terbilang mahal atau kategori istimewa. Admin saja yang piara ikan mas koki harga rakyat merasa rugi jika ikan piaraan ini mati. Rugi waktu dan rugi biaya. Akan terasa sekali jika kamu ada penikmat ikan hias sekaligus penjual.


Nah kalau sudah tahu akibatnya, cobalah untuk meluangkan waktu sedikit buat ikan hias kesayangan, supaya kita tetap bisa menikmati keindahan mereka dan tentunya demi alasan kehewanan juga.. hehehe.. Buat kamu yang punya info tambahan soal bahasan 3 akibat jika terlambat mengkarantina ikan hias mas koki, bisa dech tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa +1, like dan bagikan. Salam admin Iwakbuncit.com

3 Akibat Inilah yang Terjadi Jika Kamu Lupa Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki: Mau?